Macam-macam Proteksi pada Generator

Gangguan pada generator secara garis besar ada 5 macam :

1. Hubung Singkat (hs) Antar Phase
Gangguan ini terjadi bila isolasi antar phase rusak bisa terjadi dalam stator generator maupun diluar stator generator.
Untuk melindungi generator dari gangguan ini dipakai relay differential yang segera mentrip PMT generator, PMT arus medan penguat dan memberhentikan mesin penggerak generator. Hal ini diperlukan untuk menghentikan sama sekali GGL yang dibangkitkan dalam stator generator, sehingga hs antar phase dapat segera berhenti.

Relay differential untuk mendeteksi gangguan hs antar phase dan memberhentikan hs antar phase yang terjadi, guna menghindarkan kerusakan generator yang lebih besar.

2. Hubung Singkat (hs) Phase ke Tanah
Gangguan ini tidak dapat dideteksi oleh relay differential bila titik netral generator tidak ditanahkan. Oleh karenanya ada telau hubung tanah untuk melindungi generator terhadap gangguan hubung tanah.

3. Suhu Tinggi
Kenaikan suhu disebabkan oleh karena pembebanan lebih pada generator yang terlalu lama, ventilasi yang kurang sempurna atau karena banyak kotoran yang menempel pada isolasi lilitan stator sehingga menghambat pelepasan lilitan stator.
Aliran minyak pelumas yang kurang baik juga bisa menyebabkan suhu yang tinggi.
Untuk mengamankan generator terhadap masalah suhu yang tinggi, dipakai relay suhu yang pada tahap pertama membunyikan alarm dan pada tahap berikutnya mentrip PMT generator.

4. Penguatan Hilang
Bila terjadi gangguan pada rangkaian arus penguat, sehingga medan penguat generator menjadi lemah atau hilang, maka generator mengalami kondisi “out of step” atau lepas dari sinkronisasinya dengan sistem khususnya.
Oleh karenanya pada generator yang mempunyai daya relatif besar disediakan loss of field relay untuk mencegah terjadinya situasi out of step tersebut di atas dengan jalan mentrip PMT generator bila arus penguat hilang atau menjadi terlalu lemah oleh karena ada gangguan pada sirkit arus penguat.

5. Hubung Singkat dalam Sirkit Rotor
Untuk melindungi gangguan ini, maka generator yang besar dipasang relay pengaman terhadap rotor hubung singkat.

About Endi Sopyandi

just an ordinary people.....
This entry was posted in PROTEKSI. Bookmark the permalink.

2 Responses to Macam-macam Proteksi pada Generator

Leave a comment