Sejarah Penemuan Listrik

Benjamin Franklin dikenal sebagai orang pertama yang menemukan listrik. Benjamin lahir pada tahun 1705, dia mulai mempelajari listrik di awal tahun 1750an. Dia melakukan penelitian salah satunya dengan eksperimen layang-layang untuk membuktikan keberadaan listrik alami. Pada tahun 1752 dia melakukan ekperimen dengan memasang besi tajam pada ujung layang-layang di ujung benang dipasang kunci.

Benjamin pertama kali yang menemukan prinsip dari aliran listrik dan juga memberi tanda positif dan negatif untuk listrik. Dia kemudian mempublikasikan percobaannya yang membuktikan bahwa petir sebenarnya juga adalah listrik, dengan menerbangkan sebuah layang-layang pada saat badai. Dalam tulisannya, Benjamin Franklin menulis bahwa dia menyadari bahaya yang bisa ditimbulkan dari percobaannya dan menawarkan alternatif lain yang membuktikan bahwa petir adalah listrik, yang kemudian di tunjukkan dengan menggunakan konsep listrik ground. Tidak seperti yang digambarkan orang bahwa percobaan Benjamin dilakukan dengan cara menerbangkan layang-layang dan menunggu hingga layang-layang tersebut disambar petir. Benjamin menggunakan layang-layangnya hanya untuk mengumpulkan listrik dari awan badai.

Percobaan terhadap listrik yang dilakukan oleh Benjamin, mengarahkan dia ke penemuannya, yaitu penangkal petir. Dia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam memiliki kemampuan untuk menarik muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yang lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yang tumpul. Dia menyimpulkan bahwa pengetahuan akan hal ini ini bisa digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yang diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini akan menarik muatan listrik yang ada pada awan menuju ke tanah sehingga muatan yang ada pada awan tidak cukup untuk menimbulkan petir dan kilat.

Selama tahun 1750-1850 banyak ditemukan penemuan-penemuan penting tentang prinsip kerja listrik diantaranya oleh Volta, Couloumb, Gauss, Henry, dan Faraday.

Ref:

http://electrical-science.blogspot.com/2010/06/history-of-electric-power.html

http://www.ceritakecil.com/tokoh-ilmuwan-dan-penemu/Benjamin-Franklin-15

About Endi Sopyandi

just an ordinary people.....
This entry was posted in ISENG DIKIT. Bookmark the permalink.

6 Responses to Sejarah Penemuan Listrik

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. ade royadi says:

    Tentang fisik dari lisrik apa sih…?

    • sebenarnya listrik tidak dapat dilihat dengan kasat mat, tetapi kita dapat merasakan efek dari listrik, sebenarnya kita dapat melihat “penampakan” listrik pada saat terjadinya sambaran listrik,.

  3. Listrik itu sperti hantu(mahluk halus) yach,,, tidak dapat dilihat tetapi dapat di rasakan

  4. soga kita sbagai panerus bangsa dapat menemukan panemuan-penemuan baru tentang LISTRIK … :like:🙂

  5. semogah kita sbagai panerus bangsa dapat menemukan panemuan-penemuan baru tentang LISTRIK … :like:🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s